Minggu, 16 Oktober 2011

karakteristik PAKEM

Menurut Budimansyah dkk (2009:73)  secara fisikal ada beberapa karakteristik menonjol yang tampak secara kasat mata dalam proeses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan adalah :
a.   Adanya sumber belajar yang beraneka ragam,  dan tidak lagi mengandalkan buku sebagai satu-satunya sumber belajar.  Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih memperkaya pengalaman belajar peserta didik.  bukan semata-mata untuk menafikkan sama sekali buku pelajaran sebagai salah satu sumber belajar peserta didik.
b.   Sumber belajar yang beraneka ragam tersebut kemudian didesain skenario pembelajarannya dengan berbagai kegiatan.
c.   Hasil kegiatan belajar mengajar kemudian dipajang di tembok kelas,  papan tulis,  dan bahkan ditambah dengan tali rapiah. Pajangan tersebut merupakan hasil diskusi atau hasil karya siswa.  Pajangan hasil karya siswa menjadi satu karakteristik fisikal yang dapat kita amati dalam proses pembelajaran.
d.   Kegiatan belajar mengajar bervariasi secara aktif,  yang biasanya didominasi oleh kegiatan individual dalam beberapa menit,  kegiatan berpasangan,  dan kegiatan kelompok kecil antara empat sampai lima orang,  untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah disepakati bersama,  dan salah seorang diantaranya menyampaikan (persentasi)  hasil kegiatan mereka di depan kelas.  Hasil kegiatan siswa itula yang kemudian dipajang.
e.   Dalam mengerjakan berbagai tugas tersebut,  para siswa,  baik secara individual maupun secara kelompok,  mencoba mengembangkan semaksimal mungkin kretivitasnya.
f.    Dalam melaksanakan kegiatannya yang beraneka ragam itu,  tampaklah antusiasme dan rasa senang siswa.
g.   Pada akhir proses pembelajaran,  semua siswa melakukan kegiatan dengan apa yang disebut sebagai refleksi,  yakni menyampaikan (kebanyakan secara tertulis)  kesan dan harapan mereka terhadap proses pembelajaran yang baru saja diikutinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar